Kamis, 01 Maret 2012

Compile Access Menjadi Aplikasi Mandiri

Sekarang adalah saatnya diuji coba dan dioptimalkan aplikasi yang telah Anda buat, Anda siap untuk mengkompilasi dan mendistribusikan aplikasi ke USER. Anda memiliki berbagai pilihan distribusi, seperti penyebaran database untuk USER dengan versi full-blown Access, mendistribusikan aplikasi menggunakan runtime Access, dan mendistribusikan file ACCDE. Masing-masing akan kita bahas.
Tips: Sebelum mendistribusikan aplikasi Anda, terlebih dahulu Anda harus mengkompilasi aplikasi yang telah anda buat. Anda tidak ingin USER  berurusan dengan kesalahan kompilator yang bisa dihindari dengan menyusun sebelum ditempatkan pada folder yang kita inginkan. Kompilasi juga akan membantu aplikasi berjalan lebih cepat.
Sebuah ACCDE adalah file database dikompilasi dan dipadatkan yang memiliki semua source code yang dapat  diedit dihapus. Karena source code dihapus, keamanan (security) tambahan disediakan untuk aplikasi Anda. Selanjutnya, karena kode ini dihapus, ukuran aplikasi lebih kecil dan dengan demikian kinerjanya yang ditingkatkan. Karena keterbatasan file ACCDE, Anda harus menjaga database asli ACCDB dengan source code sehingga Anda akan dapat membuat perubahan nantinya jika diperlukan.
  • 1. Salah satu cara untuk mengkompilasi sebuah aplikasi dari Visual Basic Editor, dengan memilih opsi Debug >Compile Nama Database.
 
Pastikan versi Ms. Access sama dengan Database. Misalnya Access 2007, file dalam bentuk ACCDB. jika Access 2003, file harus dalam bentuk MDB. jika tidak di convert terlebih dahulu.
  • 2. Pilih opsi Database tools>Make ACCDE
 
  • 3. Kemudian Save as dengan nama file *.ACCDE

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mendistribusikan aplikasi untuk USER yang sudah memiliki office versi lengkap sudah termasuk Ms. Access terinstall di dalamnya. Selain bisa membuat file ACCDB  yang dapat diakses oleh setiap USER, Anda tidak perlu mengambil langkah-langkah lain untuk menyebarkan aplikasi kepada USER.

Mendistribusikan Aplikasi dengan Access Runtime
Jika Anda memiliki USER akhir yang tidak memiliki Ms. Access, Anda dapat mendistribusikan aplikasi untuk mereka menggunakan runtime Access. Runtime adalah versi Access dengan fitur  yang memiliki keterbatasan antara lain sebagai berikut:
  • Anda tidak dapat melihat atau memodifikasi desain objek.
  • Jendela database tersembunyi.
  • Built-in toolbar dan beberapa item menu tidak didukung, sehingga Anda mungkin harus membuat menu Anda sendiri di aplikasi Anda.
  • Beberapa key yang dinonaktifkan.
Anda dapat membuat program setup menggunakan Wizard yang memungkinkan Anda untuk mendistribusikan aplikasi  yang dikemas sekaligus dengan Access runtime. Agar dapat  menggunakan Wizard, pertama Anda harus memiliki Office Access 2007 Access Developer Extensions terinstall dan terintegrasi dengan Ms Access 2007. Hal ini bisa di Download di Link Microsoft:
Microsoft Access 2010 Runtime
Microsoft Access 2010 Source Code Control
Access 2007 Download: Access Runtime
Access 2007 Download: Access Developer Extensions


Setelah Anda menginstal 'Access 2007 Download: Access Developer Extensions'  Anda harus membuat Wizard untuk proyek Anda.
Klik Office Button>Developer>Package Solution...
  
Anda masuk form package Solution Wizard.
Wizards Template, jika anda telah melakukan setup wizard sebelumnya, maka anda bisa menggunakan template tersebut.
Output options Destination Folder, yaitu tempat penyimpanan file setup Access Developer Extensions pilih Next saja..
File Package: nama file/aplikasi yang akan di paket setup
Root install folder: root folder penempatan file setup
Install Subfolder: sub folder penempatan file setup
Require nothing and install the Access Runtime 2007: pilih ini jika Access Runtime 2007 mau dibuat satu paket setup, tetapi jika user sudah memiliki Ms Access ini tidak perlu dilakukan.
Tambahkan juga misalnya file database back end juga ebook didalam proses setup ini
 
End User Licence Agreement (EULA) : bisa ditambahkan juga EULA dalam format *.RTF
  
Klik button Ok Finish
 
 Hasil akhirnya akan seperti gambar diatas. Copy semua file dan folder hasil Wizards Access Developer Extensions ini ke dalam CD dan Aplikasi Anda telah siap untuk di distribusikan. Selamat mencoba, sukses untuk anda...

0 komentar:

Posting Komentar